Selasa, 17 Januari 2023

Lahar Dingin Gunung Kerinci Meluber ke Sawah dan Sungai

Lahar Dingin Gunung Kerinci Meluber ke Sawah dan Sungai

KERINCI.TIGASISI.NET - Lahar dingin dari erupsi Gunung Kerinci dilaporkan telah merendam puluhan hektare sawah di Desa Sungai Rumpun Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

Camat Gunung Tujuh, Fahrizal, SE mengungkapkan,  Muntahan material vulkanik dari Gungung Kerinci juga meluap hingga ke  Sungai Rawa Bento.

 "Ya, ada beberapa hektar sawah di sana di timbun lahar dingin, untuk data lebih lengkap silakan hubungi Kades yang bersangkutan," ujarnya singkat. 

Terpisah, Kepala Desa Sungai Rumpun, H. Herman menjelaskan, aliran Siungai Rawa Bento merupakan jalur aliran lahar dingin Gunung Kerinci.


"Dua bulan yang lalu Gunung Kerinci terus mengeluarkan abu atau erupsi, sehingga lahar dingin dibawa air hujan ke muara di desa Sungai Rumpun ini," katanya. 

Ia menyebutkan sungai ini langsung membelah desa, sehingga Sungai dengan kedalaman 13 Meter, saat ini sudah menjadi lapangan atau tumpukan lahar dingin.

 "Nanti kita akan menjadikan objek wisata bagi desa Sungai Rumpun dengan nama Muaro Indah sebagai tempat latihan menembak dan bumi perkemahan," jelasnya. 

Herman minta Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Provinsi Jambi untuk mengsuport rencana Pemerintah Desa Sungai Rumpun ini. "Mudah - mudahan dengan adanya rencana ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan kita akan melakukan Musrembangdes," sebutnya. 

"Harapan kami adanya bantuan dari Pemerintah untuk Normalisasi Sungai dan pembangunan Turap serta Sabodam penyaringan Lahar dingin areal sawah lebih kurang 250 hektar,"ungkapnya.

Lebih jauh, Kades Sungai Rumpun mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Pemerintah Daerah pada saat Rapat Satgas Bencana di Kantor Camat Gunung Tujuh. "Sudah kita laporkan  secara lisan pada Rapat Satgas Bencana alam Kamis di kantor Camat Gunung Tujuh, beberapa hari yang lalu,"tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zainal Efendi mengatakan laporan secara lisan sudah disampaikan masyarakat Sungai Rumpun. "Untuk laporan tertulis belum ada, nanti akan kita perintahkan Dinas terkait turun kelapangan untuk mengecek terkait dengan laporan tersebut, serta aka  kita lakukan rapat koordinasi apa langkah - langkah yang akan diambil," katanya singkat.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved