Kamis, 12 Januari 2023

Gunung Kerinci Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Hingga 1.200 Meter

Gunung Kerinci Kembali Erupsi, Ketinggian  Abu Vulkanik Hingga 1.200 Meter

KERINCI TIGASISI.NET - Gunung Kerinci yang terletak di Kersik Tuo, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci pada Kamis sore (12/01/2023) sekitar pukul 18:10 Wib kembali mengalami erupsi. 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Kerinci, Irwan membenarkan bahwa sejak pagi ini aktivitas Gunung Kerinci kembali meningkat dengan mengeluarkan abu berwarna kelabu dengan ketinggian 1.200 M diatas puncak. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi sementara ini ± 10 menit," katanya. 

Ia menyebutkan pada seismik terekam tremor menerus dengan amplitudo maksimal 5 mm dominan 3 mm, sampai saat ini erupsi masih berlangsung. "Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada)," sebutnya.

Lebih lanjut, pihaknya merekomendasi agar masyarakat disekitar gunung kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada dipuncak gunung kerinci didalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III).

"Sebaiknya jalur penerbangan disekitar gunungapi kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," tutupnya.


Pewarta: Yudi


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved