Minggu, 19 November 2023

Warga Cemas, Tumpukan Sampah di RPT Mendekati Hulu Sungai

Warga Cemas, Tumpukan Sampah di RPT  Mendekati Hulu Sungai


SUNGAI PENUH, TIGASISI.NET - Aktifis  Pariwisata dan  Lingkungan Kerinci - Sungai Penuh, Iksan Muklisin,  mengkritik  keberadaan tempat pembuangan sampah di Renah Padang Tinggi (RPT), Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh.

Kata dia,  warga mulai resah, sebab tumpukan  sampah sudah mendekati   hulu sungai. "Kita melihat dari hasil drone, sampah itu sudah jauh masuk ke hutan dekat dengan hulu sungai, Sepertinya diluar kawasan TPA ini, sekitar 150 meter kedalam," ujarnya.

Menurut dia, bergeraknya terus tumpukan sampah ke hulu Sungai tersebut, lanjutnya, juga disebabkan oleh hujan yang mengguyur Kota Sungai Penuh dalam pekan terakhir.

"Lokasi TPA ini ditepi jurang, sampah yang sudah lama menumpuk dan ditutupi tanah ini gembur, sehingga derasnya air hujan membawa sampai hingga 150 meter dekat hulu sungai. Ini baru satu lokasi, dan kita belum cek lokasi lainnya," paparnya.

Menyikapi persoalan ini, dirinya meminta Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir untuk memikirkan serius dan membenahi lingkungan yang rusak didaerah dan segera mengantifasi kerusakan lingkungan yang lebih luas lagi.

"Supaya kerusakannya tidak meluas, kita Walikota untuk segera bertindak. Ini baru setahun lebih sedikit sudah banyak yang rusak, apalagi ini terus berlangsung masyarakat banyak yang dirugikan," terangnya.

Pewarta: Yudi


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved