Jumat, 19 Mei 2023

Mengenal Irwandi, Pemuda Kerinci yang Namanya Bersinar di Ibukota Jakarta

Mengenal Irwandi, Pemuda Kerinci yang Namanya Bersinar di Ibukota Jakarta

Namanya Irwandi,  pria kelahiran Sebukar, 19 Semptember 23 tahun silam. Meski dibesarkan dari keluarga petani dan pedagang,  kini karirnya mentereng di ibukota Jakarta.

Sejak dini, orang tuanya sudah memperhatikan pendidikan, baik pendidikan umum maupun agama, nilai-nilai etika dan moral. Jiwa kepemimpinan, nasionalisme, kemandirian dan kecakapan Irwandi sudah terasah sejak ia masih kecil. 

Ia aktif mengikuti Pramuka di tingkat siaga, penggalang sampai dengan penegak. Irwandi juga aktif mengikuti bergabai kegiatan Muhammadiyah. Saat remaja ia dipercaya sebagai pengurus pimpinan daerah Ikatan Remaja Muhammadiyah Kabupaten Kerinci periode 2006-2008. 

Dikenal aktif dan mudah bergaul, Irwandi juga pernah mengemban amanah sebagaj Wakil Ketua OSIM MAN 1 Sungai Penuh dan salah satu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kerinci.

Semasa kuliah ia dikenal sebagai sosok yang piawai menyeimbangkan antara akademis dan organisatoris. Irwandi dipercaya mengemban amanah sebagai Presiden BEM Mahasiswa STAIN Kerinci (saat ini IAIN Kerinci) periode 2011-2012. Ia juga aktif dan bergabung di forum BEM PTAI Se-Indonesia.

Sibuk dengan aktivitas kemahasiswaan tidak membuat Irwandi kehilangan fokus, hal ini terbukti dengan predikat cumblaude yang diraihnya pada saat wisuda sekaligus menempatkannya sebagai lulusan terbaik ke-2 di Fakultasnya.

Setelah sukses mengemban amanah sebagai Presiden BEM, di eksternal kampus Ia dipercaya menjadi Ketua Umum HMI Cabang Kerinci periode 2012-2013. Kepiawaiannya Ia dalam mengelola organisasi ditingkatan cabang membuatnya dilirik untuk melenggang ketingkat lebih tinggi dengan diamanahkan sebagai Wakil Sekretaris Jendral PB HMI periode 2015-2017

Sebagai pribadi muda yang nyaris paripurna, pasca menamatkan kuliah Irwandi memulai karirnya sebagai wartawan di media online nasional viva.co.id (vivanews). Kemudian ia juga pernah menimba pengalaman yang terbilang fantastis sebagai Manager di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

Di tahun 2016, Irwandi mempersunting perempuan berlatar belakang sebagai aktivis mahasiswa yang berasal dari Desa Koto Iman bernama Nengsi Baizura, S.Pd. 

Saat ini Irwandi berkiprah sebagai pengacara di Jakarta. Ia merupakan salah satu pendiri dan pemilik sekaligus sebagai Partner di HAI & PARTNERS LAW FIRM di Jakarta.

Ia aktif di berbagai kegiatan organisasi keprofesian advokat yaitu Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) dan Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) baik ditingkat Cabang maupun Nasional. Oleh karena itu ia diberi amanah sebagai pengurus DPC PERADI Jakarta Barat, DPC IKADIN Jakarta Barat dan Pengurus Pusat PERADI Young Lawyers Committe (PERADI YLC).

Selain itu, Ia juga aktif dalam membela masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu dengan memberikan bantuan hukum secara gratis atau pro bono melalui Pusat Bantuan Hukum Perihimpunan Advokat Indonesia (PBH PERADI) Jakarta Barat. (Red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved