Rabu, 11 Januari 2023

Pemkab Batanghari Cicil Utang ke Bank Jambi

Pemkab Batanghari Cicil Utang ke Bank Jambi






BATANGHARI, TIGASISI.NET - Setengah hutang Dana Pinjaman Daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari ke Bank 9 Jambi akan dibayarkan pada tahun ini.

Artinya, pinjaman daerah sebesar Rp200 Miliar yang dilakukan Pemkab Batanghari pada tahun 2022 akan dibayarkan sebesar Rp100 Miliar.

Pernyataan tersebut di ungkapkan langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief saat menggelar acara Gebyar Taat Pajak di Serambi Rumah Dinas Bupati, Rabu (11/01/23).

Fadhil mengatakan, tercapainya pembayaran itu tak lepas dari peningkatan pendapatan Dana Bagi Hasil yang diterima pemerintah daerah.

"Tahun ini sudah tergambar rincian yang dibuat oleh kawan-kawan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), bahwa tahun kemarin kita cuma dapat Dana Bagi Hasil Rp148 Miliar tapi tahun ini kita dapat Rp241 Miliar, hampir Rp100 Miliar selisihnya. Artinya dari Rp 200 pinjaman daerah itu separuhnya sudah bisa kita bayarkan," kata Fadhil Arief yang diiringi tepuk tangan para tamu undangan.

Sebelumnya, dijelaskan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, keputusan pemerintah untuk melakukan Pinjaman Daerah ini sempat diragukan oleh DPRD Batanghari.

Pasalnya, nominal pinjaman ini cukup besar dan harus segera dilunasi pada tahun 2024.

"Dulu kami sering ditanya oleh kawan-kawan DPRD pada saat mengajukan pinjaman daerah untuk membiayai infrastruktur, timbul pesimisme lah pada saat itu, apakah yakin pinjaman ini sampai akhir periode kami dengan Bang Bakhtiar bisa dilunasi. Saya bilang secara ekonomi bisa, selagi semua berjalan sebagaimana adanya, tidak ada gempa bumi, banjir, atau bencana lainnya," jelas Ayah empat anak ini.

Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved