Rabu, 30 Maret 2022

Pemkab Kerinci Perkenalkan Aksara Incung ke Tenaga Pendidik

Pemkab Kerinci Perkenalkan Aksara Incung ke Tenaga Pendidik



KERINCI,TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kerinci, pada Selasa (29/03/2022) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas pendidik terhadap pengetahuan aksara incung, yang bertempat di Museum Kerinci, Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, menghadirkan Dosen Universitas Batanghari (UNBARI) Deki Saputra, sedangkan untuk peserta dari para guru SMP di Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, Juanda Sasmita, menyampaikan bahwa cikal bakal suatu daerah yaitu budaya dan adat. Benda benda pusaka peninggalan sejarah nenek moyang terdahulu, sebagai generasi sekarang harus menjaga dan ikut serta melestarikan budaya, salah satunya Aksara Incung.

"Pelatihan Dasar ini bertujuan untuk melestarian budaya daerah Kabupaten Kerinci," ujarnya.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci juga menambahkan benda pusaka dan tulisan, semua peninggalan sejarah merupakan aset yang dimiliki oleh Kabupaten Kerinci, Wajib di jaga dan di lestarikan untuk generasi mendatang.

Sementara itu Bupati Kerinci, Adirozal, saat membuka pelatihan sekaligus sebagai pemateri berharap, kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, melainkan harus di pelajari dan dipahami sebagai bentuk penghormatan terhadap para pendahulu.

"Karena ini warisan bangsa dan warisan daerah pada khususnya, maka perlu kita pahami dengan benar, bahkan bila perlu Dinas Pendidikan jadikan aksara incung ini sebagai mata pelajaran muatan lokal pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kerinci," ujar Bupati Adirozal.

Reporter: Yudi


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved