' Pemkab Batanghari Dorong Tenaga Pendidik Kantongi Sertifikat Guru Penggerak, ini Cara Daftarnya - Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL

Kamis, 06 Oktober 2022

Pemkab Batanghari Dorong Tenaga Pendidik Kantongi Sertifikat Guru Penggerak, ini Cara Daftarnya

Pemkab  Batanghari Dorong Tenaga Pendidik Kantongi Sertifikat Guru Penggerak, ini Cara Daftarnya






BATANGHARI, TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Batanghari, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PDK) terus mendorong semua tenaga pendidik untuk mengikuti program sertifikasi guru penggerak.

Program ini sendiri diluncurkan kemdikbudristek sejak 14 Maret 2022,(gelombang I), dan berlanjut hingga saat ini dengan target sasaran sejumlah 20 ribu.

Sekretaris Dinas PDK Batanghari, Muhammad Rokim mengatakan program guru penggerak ini sudah memasuki angkatan ke-8. Tenaga pendidik ASN maupun Non ASN bisa mendaftar di website kemdikbudristek secara online.

"Kami dari Dinas PDK selaku instansi yang diberi amanah untuk membina tenaga pendidik di Batanghari, terus menghimbau seluruh tenaga pendidik PNS maupun Non PNS di sekolah negeri maupun swasta untuk ikut daftar guru penggerak di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/ pada aplikasi layanan google," kata Rokim, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (7/10/22).

Rokim menjelaskan, untuk lolos dalam pendaftaran sebagai calon guru penggerak, tenaga pendidik harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Kriterianya yaitu, dia sudah berpengalaman belajar lebih dari lima tahun, kemudian sedang tidak CPNS," jelasnya.

Setelah terverifikasi dalam pendaftaran, kata Rokim tenaga pendidik ini akan mengikuti pelatihan guru penggerak yang juga dilaksanakan secara online.

Adapun sasaran jenjang sekolah untuk guru penggerak ini yaitu mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan juga SDLB. Serta Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 dan D4.

"Idealnya, kalau guru-guru ini sudah ikut latihan sekolah penggerak pastinya mereka ini kompeten untuk mengajar, tentu mereka ini sudah paham cara mengajar yang baik dan benar sehingga nantinya juga berdampak bagi kecerdasan anak bangsa, utamanya kita di Kabupaten Batanghari," pungkasnya.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved