' Zulva Fadhil: Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Peningkatan Stunting - Tigasisi.net | Portal Informasi Online

Selasa, 21 Juni 2022

Zulva Fadhil: Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Peningkatan Stunting

Zulva Fadhil: Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Peningkatan Stunting




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Istri dari Bupati Batanghari, Zulva Fadhil menyebutkan meningkatnya angka stunting salah satunya disebabkan oleh pernikahan dini.

Hal ini disampaikan Zulva saat menjadi narasumber di acara talk show Jambore Ajang Kreativitas (JAK) Genre Batanghari, di Gedung Pemuda, Muarabulian, Selasa (21/6/22).

Menurut Zulva yang sekaligus menjabat sebagai Bunda Genre ini, saat melakukan sebuah pernikahan, perempuan yang masih berusia remaja secara psikologis belumlah matang.

Mereka bisa jadi belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kehamilan dan pola asuh anak yang baik dan benar.

"Menikah itu harus dipersiapkan secara matang, menikah itu bukan hanya saja siap fisik, tapi lahir batin," ungkap Zulva.

Dikatakan Zulva, ada banyak faktor yang mendasari pernikahan dini, mulai dari adat, ekonomi, hingga kehamilan yang tak diinginkan.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ernawati bertekad dalam menuntaskan permasalahan ini.

Pihaknya di Pemkab Batanghari sudah mulai menggerakkan program-programnya dalam menekan pertumbuhan angka stunting.

"Upaya kita saat ini sudah ada TPPS ya, (Tim Percepatan Penururunan Stunting) dan sekretariatnya ada di BPPKBP3A yang diketuai langsung oleh Wakil Bupati H Bakhtiar dan juga dari stake holder lainnya juga turut membantu dalam hal ini, seperti Dinkes, Bappeda, Dinas Sosial yang berkaitan dengan stunting ini," papar Ernawati.

Ernawati bertekad, Pemkab Batanghari mampu mengurangi angka stunting yang diketahui saat ini mencapai 24,5% dan masuk di posisi keenam se-Provinsi Jambi.

"Kami punya capaian target, pada tahun 2024 angka stunting ini bisa turun menjadi 14%," pungkasnya.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | Portal Informasi Online | All Right Reserved