' DLH Batanghari Tuntaskan Masalah Tumpukan Sampah di Sejumlah Pasar - Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL

Rabu, 19 Januari 2022

DLH Batanghari Tuntaskan Masalah Tumpukan Sampah di Sejumlah Pasar

DLH Batanghari Tuntaskan Masalah Tumpukan Sampah di Sejumlah Pasar



BATANGHARI, TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengaku sudah mulai menuntaskan persoalan sampah yang menumpuk di sejumlah pasar.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris DLH, Zamzami. Dikatakannya, sejauh ini DLH Batanghari sudah mengatasi sampah yang menumpuk di sejumlah pasar yakni Pasar Muarabulian, Tembesi dan Sungai Rengas.

Sebelumnya, permasalahan sampah yang menumpuk sudah menjadi cibiran para pengunjung pasar dikarenakan bau yang tidak sedap akibat sampah basah yang tidak diangkat selama berhari-hari.

"Sejauh ini kita sudah mampu menyelesaikan persoalan tumpukan sampah pada 3 pasar berbeda," kata Zamzami saat ditemui media ini diruang kerjanya Rabu, (19/01/21).

Dijelaskan Zamzami, penanganan sampah merupakan tugas pokok Dinas Lingkungan Hidup. Mengangkat sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Oleh karena itu, pihaknya melakukan gerakan nyata dengan menurunkan pasukan dan memaksimalkan armada yang ada.

"Untuk pasar Muarabulian itu kita angkut 2 kali sehari, pagi dan sore, biasanya sekali sehari. Kalau di Tembesi dan Sungai Rengas biasanya seminggu sekali, sekarang seminggu 3 kali dan itu sudah nampak sekali perubahannya," tambah Zamzami.

Menurut Zamzami, sampah yang berserakan di TPS di akibatkan masyarakat yang tidak membuang sampah tepat kedalam TPS, melainkan diluarnya.

"TPS itu makanya nampak sampah berserakan, kadang masyarakat Kita buangnya tidak kedalam TPS yang disediakan. Diluar nampak berserakan tetapi didalamnya kosong," tambahnya

Lebih jauh Zamzami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Batanghari agar menumbuhkan kesadaran dengan membuang sampah sesuai pada tempat yang telah disediakan.


Reporter : Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved