Senin, 05 April 2021

Fadhil dan BMKG Bahas Dampak Perubahan Iklim bagi Pertanian

Fadhil dan BMKG Bahas Dampak Perubahan Iklim bagi Pertanian





TIGASISI.NET, MUARABULIAN - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyambut kunjungan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi yang diwakili  Stasiun Klimatologi  Muarojambi,  Senin (05/04).

Dalam pertemuan ini Bupati dan BMKG   membahas rencana program Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang akan diadakan dalam waktu dekat.

Kepala stasiun  Klimatologi Murojambi, Yudha Trisaputra, SP, menjelaskan, melalui Sekolah Lapang Iklim (SLI), petani  akan dididik untuk  memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim / musim secara efektif dalam kegiatan pertanian mereka.

"Manfaat Sekolah Lapang Iklim bagi petani ialah untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai informasi iklim dan dampaknya terhadap sektor pertanian," jelas Yudha.

Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyambut baik rencana SLI di Batanghari,  karena mayoritas penduduk di Kabupaten tersebut adalah petani.  Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi petani untuk menentukan musim tanam.

"Saya menaruh perhatian yang besar terhadap sektor pertanian. Petani Kita perlu dibekali pengetahuan soal  iklim karena selama ini banyak yang menggunakan perhitungan tradisional," kata Fadhil.

Bupati juga menawarkan beberapa daerah menjadi lokus sekolah iklim di lapangan. Dia berharap program ini bisa diikuti perwakilan dari bebrapa kelompok tani.

"Harapan kita SLI ini difokuskan pada daerah potensial yang belum tersentuh program pemerintah. Kalau bisa pesertanya perwakilan dari beberapa poktan, sehingga  ada transfer ilmu ke petani lain," kata Fadhil.

Lebih jauh Fadhil mengharapkan, pasca selesainya program SLI Petani Batanghari bisa jadi contoh bagi petani kabupaten lain.

REPORTER: JUNIKO
EDITOR: AHMAD

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved