Senin, 03 Juni 2024

DPRD Batanghari Dipercaya Jadi Petugas Upacara Harlah Pancasila

DPRD Batanghari Dipercaya Jadi Petugas Upacara Harlah Pancasila



BATANGHARI, TIGASISI.NET - Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045, di Halaman Kantor Bupati Batanghari, Sabtu 1 Juni 2024.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Sekda Batanghari, Muhammad Azan, dan anggota DPRD Batanghari, Patoni, sebagai pembaca Naskah Pancasila.

Sekda Batanghari membacakan pidato resmi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Dikatakan, Pancasila lahir saat Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan RI pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945.

Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2025 dimaksudkan bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Yudian mengatakan, dengan kemajemukan Indonesia, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya hadir dalam kehidupan berbangsa, sesuai cita-cita pendirian negara.

“Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman ini dirajut dan dikemas dalam identitas nasional, Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Sekda Muhammad Azan.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved