Selasa, 07 November 2023

Dibuka Oleh Gubernur Jambi, Festival Danau Kerinci Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Dibuka Oleh Gubernur Jambi, Festival Danau Kerinci Tingkatkan Kunjungan Wisatawan


KERINCI, TIGASISI.NET - Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Kerinci H. Adirozal dan Wabup H. Ami Taher Resmi membuka Festival Danau Kerinci ke XXI, Kamis (02/11/2023), bertempat di  Dermaga Danau Kerinci.

Festival Danau Kerinci ke XXI berlangsung  selama 4 hari dari tanggal 2 hingga 5 November 2023. 

Turut hadi dari Perwakilan Kementerian Parekraf RI, Direktur Destinasi dan  pengembangan wisata , Dr Esutari Wisyastuti, Pejabat Pemprov Jambi, Sejumlah Kepala Daerah dalam Provinsi Jambi, Anggota DPRD Provinsi Jambi, Anggota DPRD Kerinci, Kepala OPD Kabupaten Kerinci serta sejumlah tamu yang hadir.

Bupati Kerinci, H Adi Rozal didampingi Wakil Bupati Kerinci, H Ami Taher mengucapkan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan. Festival Kerinci merupakan manivestasi masyarakat Kerinci yang menjunjung budaya gotong royong dan budaya.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan telah menjadi even Nasional. Tujuan Festival Kerinci meningkatkan gerak peningkatan pariwisata, tidak hanya alam tapi budaya dan seni," ungkapnya.

Dirinya berharap Festival Kerinci bisa menjadi event yang disenangi pengunjung asal dalam Negeri maupun luar Negeri. Festival Kerinci pada dasarnya bertujuan meningkatkan pariwisata Kerinci dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mendukung Pariwisata kerinci, Pemkab Kerinci telah membangun infrastruktur, alhasil hingga Agustus 2023 kunjungan wisatawan telah melebihi target 192,41 persen.  Alhamdulillah melimpah ke daerah tetangga untuk PAD, seperti pajak hotel dan restoran," ungkapnya.

Diakhir tahun lanjutnya lagi, wisatawan banyak yang berkunjung ke kerinci, oleh sebab itu berharap dukungan pemerintah pusat berupa sarana dan promosi.

"Terima kasih kepada Menteri Pariwisata yang selalu mendukung Kabupaten Kerinci, hingga menjadi daerah tujuan wisata. Begitu juga dengan pak gubernur dan semua pihak yang mendukung wisata Kerinci," terangnya.

Direktur pengembangan Destinasi I Kemenkraf RI, DR Esutari Widyastuti dalam sambutannya mengapreasiasi Pemerintah Kabupaten Kerinci serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan  Festival Danau Kerinci secara berkelanjutan.

"Alhamdulillah berkat usaha Pemkab Kerinci dan semua pihak, Festival Kerinci masuk 110 even Karisma Nusantara tahun 2023," sebutnya.

Dikatakannya,  Karisma Event Nusantara mengedepankan kolaborasi melalui penyelenggaran event prioritas, fokus mempromosikan destinasi wisata, dengan tujuan peningkatan kunjungan wisatawan yang memberikan dampak positif terhadap kesejahterajaan dan ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah capaian kunjungan meningkat di Kerinci, Semoga bisa mensejahterakan masyarakat Kerinci, sesuai target Kemenkraf yakni peningkatan ekonomi masyarakat," terangnya.

Gubernur Jambi, H Alharis dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Parekraf RI yang telah menetapkan Festival Danau Kerinci dalam nominasi Karisma Event  Nusantara. 

"Terima Kasih Pemkab Kerinci telah fokus dan melaksanakan Festival Danau Kerinci dengan baik. Sehingga kunjungan wisatawan ke Kerinci terus mengalami peningkatan," imbuhnya.

Dirinya berharap dengan Festival Danau Kerinci bisa melestarikan seni budaya Kerinci yang terkenal dengan ragamnya. 

"Di setiap desa di Kerinci punya seni budaya yang berbeda, seperti Kenduri Sko. Semoga wisata Kerinci semakin maju," harapnya.

Pewarta: Yudi


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved