Minggu, 12 Maret 2023

Tinjau Lahan Sawah di Desa Malapari, Wabup Bakhtiar Semprot Tim Penyuluh

Tinjau Lahan Sawah di Desa Malapari, Wabup Bakhtiar Semprot Tim Penyuluh




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar tampak marah kepada Tim Penyuluh Pertanian yang ditunjuk oleh pihak Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Batanghari.

Hal itu terjadi saat ia meninjau ratusan hektar lahan sawah yang tak terkelola di Desa Malapari, Kecamatan Muarabulian, Minggu (12/03/23).

Mulanya, Bakhtiar menanyakan data dari keseluruhan luasan lahan sawah yang ada di desa tersebut, namun yang disampaikan tim penyuluh tidak sesuai dengan hitungan luas lahan dari tiap-tiap kelompok tani.

Sontak, hal tersebut menyulut kemarahan dari lelaki kelahiran Mersam 62 tahun silam.

"Kalau melihat dari cara kalian ngukur itu saya tidak percaya, karena kalian tidak kemana - mana," ketus Bakhtiar.

"Ngukurnya itu pakai peta, di track ambil titik koordinatnya, jangan main tebak saja," cecarnya.

Bakhtiar menilai, data perhitungan luasan lahan sawah yang tak akurat menyebabkan Pemerintah Batanghari sulit menerima bantuan jenis pertanian dari pemerintah pusat.

"Lahan sawah kita luas tapi di laporan sedikit, pantasan bantuan dari kementerian tidak pernah nambah," ujarnya.

Tak hanya itu saja, Ketua DPC Partai Nasdem Batanghari ini meminta Tim Penyuluh mendata semua alat mesin pertanian (Alsintan) yang ada di Desa Malapari.

"Coba di tulis mana alat yang masih layak pakai dan mana alat yang sudah tidak ekonomis lagi. Kalau alat sudah tua semua, kita bisa ngusulkan ganti dengan mesin yang baru," jelas pria berkacamata ini.

Untuk diketahui, peninjauan lokasi sawah ini merupakan tindak lanjut dari laporan warga Desa Malapari yang meminta pemerintah daerah membantu para petani padi dalam memfungsikan kembali lahan sawah mereka yang sudah 6 tahun tak terkelola dan sudah ditumbuhi rerumputan liar.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved