Senin, 13 Maret 2023

Janji Kembali Fungsikan Lahan Sawah, Wabup Bakhtiar Tuntut Syarat dari Petani

Janji Kembali Fungsikan Lahan Sawah, Wabup Bakhtiar Tuntut Syarat dari Petani




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Wakil Bupati Batanghari, H. Bakhtiar menuntut beberapa syarat dari petani di Desa Malapari, Kecamatan Muarabulian jika ingin sawahnya berfungsi seperti semula.

Pernyataan itu di sampaikannya saat ia bersama jajaran OPD tekhnis Batanghari meninjau ratusan hektar sawah yang sudah bertahun-tahun tak terkelola karena permasalahan irigasi.

"Tahun ini kita masukkan di tahap perencanaan, insyaallah di tahun 2024 permasalahan tersebut kita selesaikan, tapi ingat, pastikan data luasan seluruh sawah itu sinkron, kemudian yang paling penting pastikan semua petani disini mau kembali bersawah," pinta Wabup Bakhtiar, Minggu (12/03/23).

Pria asal Mersam lulusan Fakultas Pertanian Universitas Batanghari ini tak mau jika anggaran yang dikeluarkan pemerintah nantinya jadi mubazir apabila lahan sawah itu tak dimanfaatkan secara maksimal.

"Pemerintah desa pastikan dulu, semua petani di malapari ini masih mau bersawah atau tidak. Kalau mereka mau ya kita bangun nanti apa yang jadi permasalahannya, kalau kita bangun tapi petaninya tidak niat bersawah ya percuma, buang-buang duit nantinya," tegas Bakhtiar berulang kali.

Bakhtiar sendiri tak menampik, ia merasa prihatin terhadap lahan sawah yang merupakan salah satu penunjang ketahanan pangan masyarakat Batanghari tapi gagal di fungsikan secara maksimal.



Dari hasil pemeriksaan, saat ini pihaknya mengakui sudah menemukan titik-titik persoalan dari lahan sawah milik petani.

"Sayang sekali kalau tidak di tanam, tahun ini kita coba usahakan bangun mana yang harus di utamakan dulu," pungkas suami dari Nuraini Zubir Bakhtiar ini.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved