Selasa, 21 Februari 2023

Kemenkes Beri Penghargaan Batanghari Sebagai Kabupaten Bebas Frambusia

Kemenkes Beri Penghargaan Batanghari Sebagai Kabupaten Bebas Frambusia





BATANGHARI, TIGASISI.NET - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan penghargaan kepada Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, karena berhasil melalukan eradikasi Frambusia.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, dalam acara peringatan Hari Neglected Tropical Disease (NTD) se-dunia, bertempat di Gedung Krakatau Ballroom Jakarta, Selasa (21/02/23).

Menkes Budi mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya dari Pemerintah Daerah dalam menjaga kesehatan masyarakatnya, sehingga terbebas dari penyakit Frambusia ini.

"Saya ucapkan selamat kepada daerah yang sudah mendapatkan sertifikat dan penghargaan. Saya berterimakasih sekali kepada para kepala daerah yang sudah mengurangi, kalau bisa mengeliminasi (NTD). Dengan ini semoga masyarakat kita bisa hidup lebih sehat dan lingkungan kita lebih sehat juga," tutur Budi.

Menkes Budi mengemukakan, berdasarkan data dari Kemenkes ada 103 Kabupaten/Kota yang telah memenuhi persyaratan terbebas dari Frambusia, termasuk Kabupaten Batanghari.

Sementara itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, Batanghari bisa terbebas dari penyakit Frambusia ini dikarenakan daerah pimpinannya itu bukan termasuk wilayah endemis atau iklim dimana penyakit itu bisa berkembang.

Namun, ia tetap meminta kepada seluruh masyarakat Batanghari tetap konsisten menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam aktifitas sehari-hari.

"Bahwa saat ini masyarakat Batanghari mungkin banyak terindikasi terkena penyakit TBC, Rabies, DBD atau yang lain, tapi bagaimana semua ini sama-sama bisa kita hindari, salah satu upaya kita ya selalu menerapkan pola hidup sehat," ungkap lelaki penggemar sepak bola ini.



Reporter: Juniko
Foto: Diskominfo Batanghari.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved