Rabu, 15 Februari 2023

Kemas Al Farabi Jadi Pemateri PKD PMII Unja

Kemas Al Farabi Jadi Pemateri PKD PMII Unja



JAMBI, TIGASISI.NET - Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kemas Al Farabi Menjadi Pemateri Pelatihan Kader Dasar PMII Komisariat Universitas Jambi. Pada kesempatan ini, Kemas Al Farabi memaparkan materi tentang Pancasila dan Sistem Kewarganegaraan Indonesia.


Kemas Al Farabi memaparkan materi sejarah pembentukan negara Indonesia dimulai dari lahirnya Budi Utomo tahun 1908 yaitu sebuah gerakan kaum intelektual. Selanjutnya dikatakan Kemas Al Farabi, sumpah pemuda tahun 1928 yakni pernyataan politik pemuda untuk bersatu, kemudian proklamasi tahun 1945 yakni pembentukan negara indonesia sebagai negara kebangsaan yang Berbhineka tunggal ika.


“Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan mengenai perumusan Pancasila ditandai terbentuknya BPUPKI pada masa sidang pertama tgl 29 mei-1 juni 1945 membicarakan dasar negara indonesia merdeka dan pada masa sidang kedua tgl 10-17 juli 1945 membahas rancangan UUD 1945,” ujarnya.


Pada kesempatan ini, Kemas Al Farabi juga mengajak seluruh Peserta Kader untuk mengamalkan Butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Diikuti oleh 60 Peserta dan dilaksanakan di Pondok pesantren Miftahul Najah, Kemas Al Farabi Juga Bercerita Tentang Pengalaman dirinya ketika Pertama Kali mengikuti PKD PMII.


“Semoga semangat dari kader PKD PMII ini terus membara di jiwa-jiwa pemuda harapan bangsa, dan penerus bangsa,” pungkasnya.



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved