Selasa, 07 Februari 2023

60 Ribu Bibit Sawit yang Disalurkan Pemkab Batanghari Tidak Diberi Secara Gratis

60 Ribu Bibit Sawit yang Disalurkan Pemkab Batanghari Tidak Diberi Secara Gratis




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Irwan mengatakan bantuan bibit sawit yang akan disalurkan pihaknya nanti bukan diberi secara cuma-cuma melainkan bibit sawit bersubsidi.

Hal ini disampaikan Irwan dikarenakan banyaknya permohonan yang diajukan masyarakat yang mengira bibit tersebut diberikan pemerintah secara gratis.

"Iya pada tahun 2023 ini kita salurkan 60 ribu batang bibit sawit. Sesuai peraturan Bupati bibit itu ditebus oleh masyarakat sebesar Rp 20 ribu perbatang, dari harga normal sebesar Rp45 ribu, artinya pemerintah memberi subsidi senilai Rp25 ribu," kata Irwan ketika dikonfirmasi, Selasa (07/02/23).

Adapun jenis bibit tersebut kata Irwan yakni PPKS, dan Topas. Bibit ini berusia 10-12 bulan dan sudah siap tanam.

"Bibit ini sudah ada di balai pembibitan, nanti akan mulai disalurkan di bulan September dan November," imbuhnya.

Lelaki yang akrab disapa Bang Wando ini menjelaskan, untuk menerima bibit subsidi tersebut masyarakat harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak dinas.

Katanya, bibit ini bisa diterima melalui permohonan yang diajukan dari kelompok tani dan juga perorangan.

"Syaratnya fotocopy KTP, surat permohonan bantuan bibit subsidi yang diketahui oleh Kades, surat legalitas tanah atau lahan yang terdiri dari fotocopy sertifikat dan atau fotocopy sporadik," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, uang hasil tebusan bibit dari masyarakat akan masuk ke kas daerah dan kembali dipakai untuk bantuan bibit subsidi pada tahap berikutnya.

"Iya uangnya masuk ke Kasda, artinya program ini bakal berjalan terus secara berkelanjutan," pungkasnya.

Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved