Kamis, 08 Desember 2022

Bupati Tanjab Barat Hadiri Undangan Wapres Ma'ruf Amin

Bupati Tanjab Barat Hadiri Undangan Wapres Ma'ruf Amin

JAKARTA, TIGASISI.NET - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag hadiri undangan Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma'ruf Amin dalam rangka pengarahan secara langsung dari Wakil Presiden terkait pencanangan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik dan Peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP). Senin (5/12).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Istana Wapres, JI. Medan Merdeka Selatan, Kota Jakarta Pusat tersebut, Bupati tirut didampingi Sekretaris Daerah Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, M.Si, Kadis PMPTSP H. Yan Ery, S.Pt, M.Si, dan Kabag Prokopim Setda Tanjung Jabung Barat Johan Hendry Bororing, S.STP.

Wapres Ma'ruf Amin dalam arahannya menyampaikan bahwa Reformasi Birokrasi (RB) bukan sekedar rutinitas atau beban, namun merupakan kebutuhan atau keharusan yang menjadi daya ungkit dan akselerator tercapainya tujuan Nasional.

Wapres juga mengapresiasi gagasan penajaman RB berbasis prioritas pembangunan yang diinisiasi oleh Kementerian PANRB. 

"RB tematik perlu didorong untuk memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional, baik agenda penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi, maupun program prioritas lainnya," ungkapnya.

Sebelumnya Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, melaporkan bahwa sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, program-program RB saat ini bukan sekedar administrasi, namun harus berdampak langsung pada masyarakat.

“Bapak Presiden ingin reformasi birokrasi ini berdampak, salah satunya dengan MPP,” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian PANRB mengambil langkah strategis RB tematik yang diharapkan bisa terinternalisasi dalam tata kelola pemerintahan sehingga menghasilkan gerak serentak dalam pemecahan isu strategis Indonesia.

"RB tematik berfokus pada empat hal yakni penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi, dan prioritas aktual Presiden," jelasnya.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa salah satu cara untuk mewujudkan reformasi birokrasi tematik adalah menyediakan pelayanan berkualitas untuk masyarakat, dengan menghadirkan MPP.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini Tanjung Jabung Barat menjadi salah satu dari 26 MPP yang diresmikan dengan disaksikan langsung oleh Wapres K.H Ma'ruf Amin. Dengan peresmian tersebut, maka saat ini sudah terdapat 103 MPP di kabupaten dan kota seluruh Indonesia." Ungkap Bupati Anwar Sadat.

Pewarta: Rahmad


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved