Kamis, 25 Agustus 2022

Fadhil Arief Resmi Buka Pameran Ekraf di Pasar Lama Muara Tembesi Selama Sepekan

Fadhil Arief Resmi Buka Pameran Ekraf di Pasar Lama Muara Tembesi Selama Sepekan




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief secara resmi membuka pameran ekonomi kreatif di Pasar Lama Muara Tembesi, Rabu (24/8/22).

Pameran ekraf ini merupakan rangkaian acara Kenduri Swarna Bhumi Peradaban Sungai Batang Hari Dulu Kini dan Nanti.

Bupati Fadhil turut didampingi oleh sang Istri Zulva Fadhil, Wakil Bupati H Bakhtiar dan Sekretaris Daerah Muhammad Azan.

Dalam sambutannya, Fadhil Arief mengatakan pameran ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam melestarikan sejarah.

Diketahui, Pasar Lama Muara Tembesi ini merupakan pusat perdagangan besar yang ada di Provinsi Jambi.

Pasar ini berdiri sejak jaman kolonial belanda saat menduduki Indonesia.

"Dulu aksesnya lewat air, jadi Pasar Muara Tembesi ini terdapat letak geografis yang sangat menguntungkan pada masa itu, karena ada pertemuan tiga sungai yaitu Batang Tabir dan Batang Tebo yang semuanya bertemu di Sungai Batang Hari," kata Fadhil Arief menjelaskan.

Fadhil mengungkapkan, pergelaran Swarna Bhumi ini diharapkan turut mengedukasi masyarakat untuk menghargai sejarah yang ada di Kabupaten Batanghari.

"Sejarah ini harus kita ingat di memori kita, bagaimana itu menjadi motivasi kita, bahwa Batanghari ini punya sejarah pusat perdagangan dan juga pusat keilmuan," ungkapnya.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved