Muarabulian  - 1.853 tenaga kesehatan di Kabupaten Batanghari akan mendapat suntikan vaksin  pada kesempatan pertama di daerah itu.

"Vaksin Covid sudah sampai di Jambi, saat ini disimpan di instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Jambi. Informasinya Minggu depan akan diserahkan ke Kabupaten/Kota," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Batanghari dr. Elfi Yennie, MARS.

Mengacu pada Juknis vaksinasi yang tertuang dalam SK Dirjen Pencegahan dan  Pengendalian Penyakit Kemenkes  RI,  vaksinasi akan dilakukan dalam 4 tahap, dimana sasaran tahap 1 adalah tenaga kesehatan.

"Data sementara 1.853 tenaga kesehatan di Kabupaten Batanghari yg akan menerima vaksinasi," ungkap Elfi lagi.

Menjelang vaksinasi dilaksanakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari telah melakukan rangkaian persiapan. Diawali dengan pendataan sasaran, dilanjutkan dengan penyiapan fasilitas kesehatan tempat vaksinasi.

"Selanjutnya kita juga lakukan persiapan logistik vaksinasi, dan yang paling penting kesiapan  petugas pelaksana vaksinasi,"  Imbuh Jubir Satgas Covid ini.

Dengan keterbatasan jumlah dosis yang tiba, Sasaran  utama vaksinasi tahap 1 adalah tenaga kesehatan yang berusia 18 hingga 59 tahun.

"Sesuai ketentuan, nakes usia 18-59 tahun yg aktif melakukan praktek profesi atau punya surat izin praktek," tutupnya.