' Pembangunan Ekowisata Siasat Pemerintah Daerah Jaga Kelestarian Tahura - Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL

Rabu, 10 Agustus 2022

Pembangunan Ekowisata Siasat Pemerintah Daerah Jaga Kelestarian Tahura

Pembangunan Ekowisata Siasat Pemerintah Daerah Jaga Kelestarian Tahura




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Pembangunan ekowisata di kawasan taman hutan raya (Tahura) Sultan Taha Syaifuddin menjadi upaya pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian alamnya.

Diketahui, ratusan hektar hutan yang tercatat masuk dalam daftar aset Pemerintah Kabupaten Batanghari yang terletak di Senami, Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muarabulian ini kerap di rambah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Zamzami mengatakan, tahun ini pemerintah sudah menerima bantuan dari perusahaan PBMSJ berupa dana CSR sebesar Rp 1,2 Miliar untuk pembangunan ekowisata di kawasan tahura.

"Selain mendirikan objek wisata di Batanghari, ini juga merupakan siasat pemerintah untuk menjaga Tahura. Kalau orang sering berkunjung kesini jadi secara tidak langsung akan turut melakukan pengawasan disini," ungkap Zamzami, Rabu (11/8/22), usai melakukan peletakan batu pertama di Tahura.

Zamzami menjelaskan, pembangunan sarana wisata pada tahap awal ini memerlukan waktu selama 3 bulan, sesuai kontrak kerja. Selanjutnya pemerintah daerah akan berupaya mengundang investor lain untuk membantu pengoptimalam Tahura.

"Untuk tahap selanjutnya akan kita cari lagi investor lain, sesuai intuksi Bupati, kita berupaya untuk tidak mengganggu APBD dalam pengembangan Tahura ini," tuturnya.

Rencananya Pemkab Batanghari akan membangun tempat penginapan di blok pemanfaatan yang terhitung seluas 824 hektar.

Selain itu, pemerintah juga berencana akan membangun kawasan tahura ini sebagai tempat penelitian alam, balai latihan kerja, dan juga tempat camping ground.

"Kenapa kita pilih disini? Karena disini pasirnya putih, kemudian walaupun ada kemarau panjang sungai kecil yang mengalir dibawah itu tidak pernah kering, jadi tempat ini bisa terbilang sangat strategis," pungkas Zamzami.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved