Minggu, 31 Juli 2022

Al Haris Apresiasi Pagelaran Teater Hari Air Dunia

Al Haris Apresiasi Pagelaran Teater Hari Air Dunia




JAMBI, TIGASISI.NET  - Gubernur Jambi, Al Haris, mengapresiasi gerakan  mahasiswa nusantara yang peduli terhadap air dan sungai sebagai kebutuhan seluruh makhluk hidup. 

Hal tersebut disampaikan Al Haris pada acara Hari Air Dunia ke 30 dan Hari Sungai Nasional ke 11 Tahun 2022, yang berlangsung di GOR Kota Baru, Jambi, Rabu (27/07/2022) malam. Pada kesempatan tersebut, juga diadakan Temu Teater Mahasiswa Nusantara (TEMU TEMAN) ke-19.

“Saya sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Forum Seni Mahasiswa Jambi (FSMJ), dengan mengemas peringatan Hari Air Dunia dan Hari Sungai Nasional melalui Temu Teater Mahasiswa Nusantara, hal ini setidaknya akan semakin menambah kecintaan masyarakat dan juga kalangan generasi muda terhadap seni yang didalamnya menyuarakan sangat pentingnya air bagi kehidupan. Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup dimanapun habitatnya, hal ini menunjukkan begitu pentingnya air bagi kehidupan,” ujar Al Haris.


Al Haris menuturkankan, Provinsi Jambi dengan kondisi geografis terdiri dari dataran tinggi, sedang, dan rendah, yang dilalui oleh aliran sungai Batanghari dengan memiliki panjang lebih kurang 870 kilometer. “Kita harus memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kelestarian Sungai Batanghari, diantaranya dengan menjaga kualitas air, sedimentasi, serta tata guna lahan yang berada di hulu hingga hilir sungai, karena selain sebagai sumber air baku untuk kebutuhan sehari hari, aliran sungai Batanghari juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi menuju outlet atau pelabuhan yang berada di hilir sungai Batanghari,” tutur Al Haris.

Al Haris berpesan kepada semua pihak terkait, agar dalam pengelolaan sumber daya air di Provinsi Jambi, tidak melupakan koordinasi dan sinkronisasi dengan provinsi tetangga karena hulu sungai banyak berada di provinsi tetangga.

 “Jika koordinasi dan sinkronisasi tersebut terjalin dengan baik maka akan sangat membantu dalam menjaga ketersedian pasokan air di Provinsi Jambi, serta kedepannya perlu menjadi pemikiran kita bersama untuk mengelola aliran Sungai Batanghari tersebut dalam suatu konsep pengelolaan one river one management,” pesan Al Haris.


Al Haris memaparkan, Pemerintah Provinsi Jambi memberikan atensi besar terhadap pelestarian lingkungan, yang berkorelasi besar dengan ketersediaan air tanah dan debit air sungai. Salah satu prioritas pembangunan adalah dalam peningkatan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup serta mitigasi perubahan iklim. (Adv)

Reporter: Dika
Foto: Diskominfo


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved