' Fadhil Akui Replanting Kebun Kelapa Sawit di Batanghari Masih Dibawah Target - Tigasisi.net | Portal Informasi Online

Selasa, 11 Januari 2022

Fadhil Akui Replanting Kebun Kelapa Sawit di Batanghari Masih Dibawah Target

Fadhil Akui Replanting Kebun Kelapa Sawit di Batanghari Masih Dibawah Target





BATANGHARI, TIGASISI.NET - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyayangkan capaian target program peremajaan sawit rakyat atau replanting kebun petani kelapa sawit di Batanghari belum mencapai target.

"Batanghari saat ini penyerapan dana replantingnya sangat sedikit sekali, baru 19,11%. Menurut data dinas perkebunan tahun ini idealnya ada 19.100 hektar kebun sawit yang di replanting," kata Fadhil, Selasa (11/1).

Dikatakan Fadhil, ada beberapa faktor yang menyebabkan kebun kelapa sawit sudah diwajibkan ikut replanting.

"Replanting itu sebabnya ada yang dikarenakan umur pohon sawitnya sudah tua, kemudian produksi dari hasil kebun itu memang sudah tidak memadai lagi," ujarnya

Menurut Fadhil Arief, normalnya harga pasaran buah kelapa sawit saat ini menjadi bahan pertimbangan kuat masyarakat Batanghari untuk mengganti bibit kelapa sawit berkualitas yang baru.

"Ada sebagian masyarakat Kita ini masih sayang, karena harga sawit lagi tinggi. Masih sayang walaupun hasil kebunnya tinggal sedikit tapi tetap dak mau ditumbang juga. Masalah ini coba dihitung betul-betul," katanya lagi

Lebih jauh Bupati Batanghari meyakinkan agar masyarakatnya mau meraplanting kebun kelapa sawit yang produksinya sudah tidak ekonomis lagi.

"Menurut hitungan, harga CPO ini tidak akan jauh berubah, jika melihat kebutuhan pasar saat ini," tutup Fadhil Arief


Reporter : Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | Portal Informasi Online | All Right Reserved