Senin, 12 Juni 2023

Target PAD Tak Tercapai, DPRD Minta Kinerja OPD Dievaluasi

Target PAD Tak Tercapai, DPRD Minta Kinerja OPD Dievaluasi




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batanghari pada tahun 2022 tidak memenuhi target, hanya mencapai 67,46 persen.

Penuruan PAD ini meliputi dari berbagai sumber pendapatan, diantaranya mulai dari pajak daerah, retribusi daerah, dan lain - lain pendapatan asli daerah.

Menyikapi hal ini, DPRD Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meminta Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief segera mengevaluasi seluruh kinerja kepala OPD.

Diketahui PAD Kabupaten Batanghari pada tahun 2022 hanya mampu menyentuh angka Rp 107.138.940.114 dari pagu target yang ditetapkan sebesar Rp 158.824.809.227.

"Berdasarkan laporan keuangan pemerintah daerah yang disampaikan kepada DPRD Batanghari, PAD Batanghari yang mengalami penurunan tentunya harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Atas penurunan realisasi PAD ini harus menjadi tolak ukur Bupati Batanghari untuk mengevaluasi kinerja pimpinan OPD secara menyeluruh," kata politisi PAN, Azizah saat rapat paripuna penyampaian pandangan fraksi, Senin (12/6/23).

Dewan Dapil Pemayung - Bajubang itu menambahkan, pemerintah harus bekerja keras dalam meningkatkan pendapatan daerah. Pasalnya, akan berdampak bagi pembangunan di Kabupaten Batanghari kedepannya.

"Kalau PAD terus mengalami penurunan, kedepan akan sangat mempengaruhi program - program pembangunan pemerintah, yang tidak hanya berpengaruh pada masyarakat tapi juga aparatur pemerintah," tandasnya.

Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved