' Petani Desa Malapari Tagih Janji Kampanye Bupati Batanghari - Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL

Kamis, 06 Oktober 2022

Petani Desa Malapari Tagih Janji Kampanye Bupati Batanghari

Petani Desa Malapari Tagih Janji Kampanye Bupati Batanghari




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Petani padi di Desa Malapari, Kecamatan Muarabulian, Batanghari, menagih janji Bupati Muhammad Fadhil Arief pada saat kampanye pilkada lalu.

Kata mereka, Bang Fadhil (sapaan Bupati Batanghari) lupa dengan program optimasi sawah yang pernah ia sampaikan dahulu.

"Pak Bupati jangan lupa, dulu Bapak pernah menjanjikan untuk pengoptimalan lahan sawah kami. Dulu Bapak janji dengan kami kalau Bapak bakal buat kami para petani padi bisa panen sampai dua kali dalam setahun," ungkap salah satu petani, Jumat (7/10/22).

Mereka menyebutkan, lahan sawah mereka sudah lima tahun tak terkelola. Persoalan Irigasi menjadi penyebab utama kasus kekeringan.

"Kering itu lah yang jadi penyebabnya makanya sawah kami tu tidak di olah, tanggul air nya juga jebol tapi sampai sekarang tidak ada pihak pemerintah yang peduli. Tolong Pak Bupati, perhatikan kami, dengan siapa lagi kami minta bantu," ucap salah satu petani lain dengan penuh harap.

Sebab itu mereka meminta Bupati Batanghari membantunya untuk mengembalikan kejayaan para petani padi di desa, seperti yang tertulis dalam salah satu dari 36 program prioritas Fadhil - Bakhtiar.

Untuk diketahui, ratusan hektar sawah ini gagal fungsi akibat irigasi. Terlihat di lokasi, sawah yang membentang hampir sebagian dari luas Desa Malapari ini sudah dipenuhi dengan rerumputan liar.

Hingga saat ini, lahan yang seharusnya menjadi penunjang ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat untuk 3 desa yakni Desa Malapari, Desa Terusan, dan Desa Napal Sisik ini jadi terbengkalai karena tak terkelola.


Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved