' Jelang Pemilu Serentak, Anita Yasmin Pinta Dinas Dukcapil Lengkapi Data Warga SAD - Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL

Sabtu, 13 Agustus 2022

Jelang Pemilu Serentak, Anita Yasmin Pinta Dinas Dukcapil Lengkapi Data Warga SAD

Jelang Pemilu Serentak, Anita Yasmin Pinta Dinas Dukcapil Lengkapi Data Warga SAD




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari meminta Dinas Dukcapil setempat melengkapi pendataan warga suku anak dalan (SAD) yang tercatat memiliki hak suara pada pemilu/pemilukada serentak tahun 2024 mendatang.

Anita Yasmin meminta warga SAD yang telah tercatat dalam data kependudukan masyarakat Batanghari segera dilaporkan pada KPU dan juga Bawaslu.

"Untuk Dinas Dukcapil, ada catatan belum maksimalnya pendataan mata pilih bagi warga terasing yaitu warga SAD, ini juga menjadi catatan ketua KPU dan juga Bawaslu," ungkap Anita Yasmin, Kamis (10/8/22).

Politis Partai PAN ini menyebutkan bahwa warga SAD juga punya hak suara dalam pemilu nantinya. Pasalnya, sejumlah waga SAD ini diketahui telah memiliki E-KTP yang dicetak oleh dinas Dukcapil Batanghari pada tahun 2021 lalu.

"Walaupun mereka suku anak dalam, tapi mereka memiliki hak suara yang sama dengan kita, hak yang sama memilih wakil rakyatnya dan hak yang sama dalam memilih kepala daerahnya," tegas Anita.

Untuk diketahui, pernyataan tersebut diungkapkan Ketua DPRD Anita Yasmin saat rapat koordinasi bersama Forkopimda dalam rangka peningkatan deteksi dan cegah guna menjaga kondusifitas menjelang pemilu/pemilukada serentak tahun 2024 dalam wilayah Kabupaten Batanghari.

Acara bertempat di Serambi Rumah Jabatan Bupati Batanghari, yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati H Bakhtiar.

Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | AKTUAL & FAKTUAL | All Right Reserved