' Empat Tahun Kekeringan, Ratusan Hektar Sawah di Desa Malapari Harapkan Bantuan Pemerintah - Tigasisi.net | Portal Informasi Online

Minggu, 29 Mei 2022

Empat Tahun Kekeringan, Ratusan Hektar Sawah di Desa Malapari Harapkan Bantuan Pemerintah

Empat Tahun Kekeringan, Ratusan Hektar Sawah di Desa Malapari Harapkan Bantuan Pemerintah




BATANGHARI, TIGASISI.NET - Hampir seluruh petani di Desa Malapari, Kecamatan Muarabulian, Batanghari meminta agar pemerintah setempat dapat menuntaskan masalah irigasi sawah yang menyebabkan ratusan hektar sawahnya mengalami kekeringan.

Diketahui ratusan hektar sawah ini gagal dioptimalkan selama empat tahun terakhir.

Ketua kelompok tani di desa tersebut, Asmani mengatakan, kekeringan sawah dikarenakan tanggul penahan air yang jebol. Akibatnya, air yang mengalir di saluran irigasi tidak dapat mengairi sawah mereka secara maksimal.

"Masalahnya itu karena Dam kami ini sudah jebol, dan itu sudah lama. Saat debit air sungai naik sawah kami terendam, ketika air sungai turun sawah kami ini kering. Intinya pada saat banjir kebanjiran saat kering ya kekeringan," kata Asmani.

Sementara itu, salah satu petani di desa tersebut, Nurdin mengatakan sangat mengharapkan peran dari pemerintah Kabupaten Batanghari untuk memberikan solusi terhadap permasalahan ini.

Ia menjelaskan, mayoritas petani berharap banyak dengan adanya program prioritas Bupati dan Wakil Bupati khususnya pada sektor pertanian.

"Payo (Sawah) kami ko semenjak Dam tu jebol dakdo lagi yang nak be umo (Nanam padi), karno kering terus. Sampe la kiniko payo tu lah semak, yo betambah daknak orang," cerita Nurdin.

"Jadi kami berharap banyak kepada pak Fadhil dan pak Bakhtiar untuk membantu lahan kami ko, kito tau kalo Bupati dan Wakil Bupati ko dari 36 programnyo tu ado salah satunyo menciptakan petani cerdas, kami harap program tu sampe ke kami," tukasnya.

Untuk diketahui, pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pertanian akan menjalankan program swasembada pangan, yakni mengoptimalkan 1.380 Hektar sawah aktif pada kecamatan Mersam dan juga Marosebo Ulu yang menganggarkan dana dari APBD Tahun 2022.

Reporter: Juniko

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Tigasisi.net | Portal Informasi Online | All Right Reserved